Melihat Kitab Blawong karya besar Syekh Basyarudin di Pringapus Kab.Semarang

Sebagai seorang Ulama’, Syekh Basyaruddin sangat dihormati karena
memiliki Karomah yang sangat luar biasa. Beliau merupakan satu-satunya orang Pringapus yang mampu menguasai ilmu agama Islam dan orang pertama yang hafal AlQuran (Hafidz) pada saat itu. Bagi masyarakat Pringapus, beliau setingkat wali.

Syekh Basyaruddin merupakan tokoh yang sangat dikagumi karena berbagai
peninggalannya yang sangat berharga di antaranya adalah masjid, bedug, kolah, dan yang paling terkenal adalah Al Quran tulisan tangan yang dijuluki “Kitab Blawong”.

Memang setiap ada makam para syekh atau orang pilihan yang merupakan wali allah dalam menyebarkan islam selalu di banjiri para peziarah yang ingin mencari berkah termasuk di makam syekh basyaruddin sendiri.Tetapi para pemuka agama sudah sering memberi wejangan atau peringatan bahwa harus hati-hati untuk tidak terjebak dalam kemusyrikan yang justru membuat kita jauh dari allah.
Bukankah ketika kita berkunjung atau berziarah ke makam para wali allah ini bertujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada allah .Dengan cara mempelajari kiprah para wali dan belajar mencontoh perilaku mereka dengan harapan kita bisa berjalan seperti yang mereka tempuh dalam menjalani kehidupannya sebagai pembela agama allah.


Syekh Basyaruddin sendiri pasti tidak berkenan apabila peninggalannya menjadi obyek yang menghantarkan kepada kemusyrikan karena beliau dalam perjalanannya dalam mengajarkan islam justru melarangg kemusyrikan.
Syekh Basyaruddin wafat pada tanggal 25 Sya’ban dan dimakamkan di
Gunung Munggut kurang lebih 2 (dua) kilometer sebelah timur Masjid Jami’
Syekh Basyaruddin.


Semoga informasi ini bisa menjadi bahan renungan untuk selalu instropeksi dan menambah semangat beribadah bagi kita semua untuk lebih pandai dalam mengambil hikmah sehingga lebih meningkatkan keimanan kita..
wassalam...sumber:mastercom,suaramerdeka,berbagai sumber

This Is The Newest Post